Minggu, 24 Juli 2016

Pengertian Belajar

Pengertian Belajar

Pengertian Belajar menurut Skinner adalah suatu proses adaptasi perilaku yang bersifat progresif. Hal ini berarti bahwa sebagai akibat dari belajar adanya sifat progresivitas, adanya perubahan ke arah yang lebih sempurna.
 
Menurut Mc Geoch, Pengertian Belajar adalah sebagai pembawa perubahan dalam performance dan perubahan itu sebagai akibat dari latihan (pratice). Pengertian latihan atau practice mengandung arti bahwa adanya usaha dari individu yang belajar.
 
Dari pengertian belajar yang diungkapkan para pakar diatas, dapat disimpuLkan bahwa Pengertian Belajar adalah suatu proses adaptasi perilaku yang dilakukan oleh manusia yang bersifat progresif, dimana manusia melakukan perilaku yang dapat menambah ilmu pengetahuannya.
 
Bertitik tolak dari Pengertian Belajar diatas dapat dikemukakan beberapa hal mengenai belajar sebagai berikut :
1. Belajar merupakan suatu proses yang mengakibatkan adanya perubahan perilaku (Change behavior or performance). Hal ini berarti sehabis belajar individu mengalami perubahan dalam perilakunya, baik perilaku dari segi afektif, kognitif dan dalam segi psikomotor.
2. Perubahan perilaku itu dapat aktual, yaitu terlihat tetapi juga dapat bersifat potensial yang tidak terlihat pada saat itu, tetapi akan terlihat di lain kesempatan.
3. Perubahan yang disebabkan karena belajar itu bersifat relatif permanen, yang berarti perubahan tersebut akan bertahan dalam waktu yang relatif lama. Akan tetapi perubahan tersebut tidak akan menetap terus menerus, sehingga pada suatu waktu hak tersebut dapat berubah lagi sebagai akibat belajar.
4. Perubahan perilaku baik aktual maupun potensial yang merupakan hasil dari belajar melalui pengalaman atau latihan. ini berarti bahwa perubahan itu bukan terjadi karena faktor kematangan yang ada pada diri individu, bukan karena faktor kematangan yang ada pada diri individu.
 
 
 
 

Sumber :

– Prof. Dr. Bimo Walgito, 2005. Pengantar Psikologi Umum. Yang Menerbitkan CV Andi Offset : Yogyakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar