Minggu, 24 Juli 2016

Pengertian iLmu Pengetahuan

Pengertian iLmu Pengetahuan

Pengertian ilmu Pengetahuan Menurut Pendapat Soerjono Soekanto adalah pengetahuan (knowledge) yang tersusun sistematis dengan diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang mengetahuinya.
 
Menurut Prof. Sutrisno Hadi, Pengertian ilmu Pengetahuan adalah kumpulan dari pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara harmonis dan suatu bangunan yang teratur.
 
Muhammad Hatta mengatakan bahwa Pengertian ilmu Pengetahuan yaitu pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya dan juga menurut kedudukannya tampak dari luar maupun bangunnya dari dalam.
 
Pengertian ilmu Pengetahuan Menurut Van Poelje adalah tiap kesatuan pengetahuan, dimana dari masing-masing bagian bergantung satu sama lain yang teratur secara pasti menurut asas-asas tertentu.
 
Dari pengertian ilmu pengetahuan menurut para pakar di atas, dapat disimpuLkan bahwa Pengertian ilmu Pengetahuan adalah kumpulan dari pengalaman-pengalaman  serta pengetahuan-pengetahuan yang tersusun secara sistematis, dimana masing-masing dari bagian tersebut bergantung satu sama lain. 
 

Sumber :

– Inu Kencana Syafiie, 1996. Alqur’an dan Ilmu Politik. Yang Menerbitkan PT Rineka Cipta : Jakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar