Selasa, 26 Juli 2016

Pengertian Kesehatan Mental

Pengertian Kesehatan Mental

Menurut Zakiah Darojad, Pengertian Kesehatan Mental adalah terhindarnya seseorang dari gejala-gejala gangguan dan penyakit jiwa, dapat menyesuaikan diri, dapat memanfaatkan segala potensi dan bakat yang ada semaksimal mungkin dan membawa kepada kebahagiaan bersama serta mencapai keharmonisan jiwa dalam hidup.
 
Menurut Zakiah orang yang sehat mentalnya dapat menyesuaikan diri dan memanfaatkan potensi serta mencapai keharmonisan jiwa. Jadi dalam hal ini yang bersangkutan mengalami keseimbangan atau dalam keadaan equilibrium, tidak goncang dan tidak berat sebelah. Mempunyai kestabilan emosi dalam menghadapi persoalan serta mendapat kepuasan dalam memenuhi kebutuhan jasmaniah, rohani dan metafisis. Kestabilan atau keseimbangan masing-masing individu berbeda, hal ini karena diperoleh dari pengalaman-pengalaman yang berbeda.
 
 
Tujuan Kesehatan Mental yaitu, sebagai berikut :
 
– Tujuan kesehatan mental yang pertama yaitu agar manusia memiliki kemampuan mental yang sehat.
– Tujuan kesehatan mental yang kedua ialah pencegahan terhadap timbulnya sebab-sebab gangguan mental dan penyakit.
– Tujuan kesehatan mental yang ketiga adalah pencegahan terhadap timbulnya sebab-sebab gangguan mental dan penyakit mental.
– Tujuan kesehatan mental yang terakhir yaitu penyembuhan terhadap gangguan dan penyakit mental.
 
Tujuan kesehatan mental ini akan tercapai jika cara-cara menangani dilakukan dengan kerjasama antara ahli yang berwenang serta kesadaran dan kesediaan masyarakat pada umumnya. Usaha mencapai tujuan kesehatan mental dilakukan secara terencana, tergantung keadaan individu-individu yang ditangani.
 
 
 

Sumber :

– Siti Sundari, 2005. Kesehatan Mental Dalam Kehidupan. Penerbit PT Rineka CIpta : Jakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar