Selasa, 26 Juli 2016

Pengertian Statistik

Pengertian Statistik

Pengertian Statistik dalam Arti Sempit adalah data ringkasan berbentuk angka, seperti jumlah, rata-rata, proporsi (persentase) dan berbagai nilai koefisien seperti koefisien variasi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan koefisien regresi.
 
Pengertian Statistik dalam Arti Luas adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengelolahan, penyajian dan analisis data termasuk cara pengambilan kesimpulan dengan memperhitungkan unsur ketidakpastian (uncertainty) berdasarkan konsep probabilitas (probabbility).
 
Untuk Mempelajari Pengertian Statistik dalam arti luas kita perlu mengetahui beberapa istilah pokok antara lain sebagai berikut :

1. Elemen yaitu sesuatu yang menjadi objek pengumpulan data atau pemeriksaan atau penelitian. Sering juga elemen ini disebut “sampling unit‘ atau “unit analysis“.
2. Karakteristik ialah sifat, ciri atau hal-hal yang dimiliki elemen (semua keterangan mengenai elemen).
3. Variabel atau perubah adalah sesuatu yang nilainya berubah-ubah menurut waktu atau berbeda menurut elemen atau tempat. Nilai karakteristik merupakan variabel, biasanya diberi simbol huruf X.
4. Populasi yaitu kumpulan yang lengkap dari elemen-elemen yang sejenis akan tetapi dapat dibedakan karena karakteristiknya.
5. Sampel ialah kumpulan sebagai elemen populasi.
6. Sensus adalah cara pengumpulan data kalau semua elemen populasi diteliti satu per satu. Hasilnya merupakan data statistik sebenarnya yang disebut parameter.
7. Sampling ialah cara pengumpulan data kalau hanya elemen sampel yang di teliti, hasilnya merupakan data perkiraan atau dugaan (estimate).
8. Kesalahan Sampling (sampling error) yaitu kesalahan yang terjadi karena tidak semua elemen diteliti, ini merupakan selisih antara data perkiraan (estimate) dan data sebenarnya. 9. Sampling error dipergunakan untuk mengukur tingkat ketelitian data perkiraan dari hasil penelitian sampel.


Sumber :

– Supranto, 1995. Pengantar Statistik Bidang Hukum. Yang Menerbitkan PT Rineka Cipta : Jakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar