Selasa, 26 Juli 2016

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer 

Pengertian Komputer Menurut Donald H Sanders adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya kemudian menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan pada memorinya (stored program).

Menurut William M Fuori, Pengertian Komputer ialah suatu pemrosesan data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk dalam perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, dalam hal ini dilakukan tanpa campur tangan dari manusia selama pemrosesan.

V C Hamacher mengatakan bahwa Pengertian Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Pengertian Komputer Menurut Gordon B Davis adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Robert H Blissmer memberikan pendapatnya mengenai Pengertian Komputer yaitu suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, Seperti : menerima input, memproses input tadi sesuai dengan program yang telah diperintahkan, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan outputnya dalam bentuk informasi.
 
Dari pengertian komputer menurut para pakar diatas, kemudian dapat disimpuLkan bahwa Pengertian Komputer adalah :
1. Alat elektronik yang dapat melakukan suatu perhitungan numerik;
2. Alat yang dapat melakukan pembacaan input data dan mengolahnya sesuai dengan program yang ditetapkan untuk menghasilkan informasi yang merupakan output hasil pemrosesan input data;
3. Alat yang dapat melakukan penyimpanan data, antara lain program, input maupun output dari pengolahan;
4. Alat yang dapat bekerja secara otomatis sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dalam program.

Dari pembahasan pengertian komputer diatas terdapat istilah program, tentu anda akan bertanya apa sih pengertian program ?.
Pengertian Program adalah barisan perintah atau instruksi yang disusun sehingga dapat dipahami oleh komputer dan kemudian dijalankan sebagai barisan perhitungan numerik, dalam hal ini barisan perintah tersebut berhingga, berakhir dan menghasilkan output. 
 

Sumber :

– Sutarman, 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara : Jakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar