Pengertian Akhlak
Pengertian Akhlak Menurut Imam Ghozali adalah suatu sifat yang tetap pada jiwa, yang darinya timbul perbuatan-perbuatan dengan mudah, dengan tidak membutuhkan pikiran.
Menurut Ibnu Maskawaih, Pengertian Akhlak ialah keadaan gerak jiwa yang mendorong ke arah melakukan perbuatan dengan tidak bergantung pada pikiran.
Ahmad Amin dalam bukunya Al-Akhlaq mengungkapkan bahwa Pengertian Akhlak yaitu membiasakan kehendak.
Secara Etimologi, Pengertian Akhlak berasal dari bahasa arab “akhlaq” yang mempunyai arti budi pekerti. Persamaan atau nama lain akhlak ini biasa disebut dengan etika atau kebiasaan.
Dari pengertian akhlak diatas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Akhlak adalah suatu sifat yang tetap pada jiwa, untuk menggerakkan seseorang untuk melakukan suatu perbuatan tanpa disadari.
Akhlak mempunyai dua pencerminan
yang tampak dan lahir pada diri seseorang, yaitu akhlak yang baik dan
akhlak yang buruk. Seseorang berakhlak jelek, apabila setiap harinya
kebiasaan yang ditunjukkan dari dirinya adalah perbuatan jelek dan
jahat. Perbuatan dan sikap buruk itu sudah makanan dan perhiasaan
sehari-harinya. Sebaliknya seseorang dikatakan berakhlak mulia, apabila
setiap harinya melakukan perbuatan kebaikan dan kemuliaan. Kebaikan dan
kemuliaan itulah yang menjadi pakaian dan hiasan hidup sehari-harinya.
Lebih jauh lagi dikatakan bahwa akhlak
itu adalah suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia, yang darinya
akan lahir perbuatan-perbuatan yang dilakukan dengan mudah tanpa adanya
proses pemikiran, pertimbangan atau penelitian. Apabila keadaan ini
melahirkan perbuatan yang baik dan terpuji menurut pandangan akal dan syara’
(hukum islam), disebut sebagai akhlak yang baik. Namun jIka
perbuatan-perbuatan yang timbul itu tidak baik (kejelekan dan
keburukan), maka dinamakan akhlak yang buruk.
Karena
Akhlak merupakan suatu keadaan yang melekat pada diri seseorang, maka
suatu perbuatan itu baru disebut akhlak kalau terpenuhi beberapa syarat.
Syarat-syarat agar dapat disebut sebagai akhlak :
1.
Perbuatan itu dilakukan berulang-ulang. Kalau suatu perbuatan itu hanya
dilakukan sekali saja, maka tidak dapat disebut sebagai akhlak.
2.
Perbuatan itu timbul dengan mudah tanpa dipikirkan atau diteliti lebih
dahulu, sehingga benar-benar adalah suatu kebiasaan. Namun jika
perbuatan itu timbul karena terpaksa atau karena ada motif dari orang
lain atau karena setelah dipikirkan dan dipertimbangkan secara matang,
maka tidak dapat disebut sebagai akhlak.
Rasulullah Muhammad SAW
mempunyai akhlak yang mulia, karena sikap dan perilaku beliau adalah
kebaikan dan kemuliaan. Kebaikan dan kemuliaan itu sudah menjadi
kebiasaan dalam perjalanan hidup sehari-harinya. Akhlak Rasulullah itu
biasa disebut dengan akhlak islam, karena akhlak ini bersumber dari
Alquran dan Alquran datangnya dari Allah SWT; maka akhlak islam
mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan akhlak Wad’iyah
(ciptaan manusia).
Ciri-ciri Akhlak Islam itu ialah :
1.
Kebaikannya itu bersifat mutlak, yaitu kebaikan yang terkandung dalam
akhlak islam merupakan akhlak yang murni, baik untuk individu maupun
untuk masyarakat, di dalam lingkungan, keadaan, waktu dan tempat apapun.
2.
Kebaikannya itu bersifat menyeluruh, yaitu kebaikan yang terkandung di
dalamnya merupakan kebaikan untuk seluruh umat manusia di segala zaman
dan di semua tempat.
3.
Tetap dan mantap, yaitu kebaikan yang terkandung di dalamnya bersifat
tetap, tidak berubah oleh waktu dan tempat atau perubahan kehidupan
masyarakat.
4.
Kewajiban tersebut harus dipatuhi, yaitu kebaikan yang terkandung dalam
akhlak islam merupakan hukum yang harus dilaksanakan, sehingga ada
sanksi hukum tertentu bagi orang-orang yang tidak melaksanakannya.
5.
Pengawasan yang menyeluruh. Karena akhlak islam bersumber dari Tuhan,
maka pengaruhnya lebih kuat, bagi yang melanggar akhlak ini kecuali
setelah ragu-ragu dan kemudian akan menyesali perbuatannya untuk
selanjutnya bertobat dengan sungguh-sungguh dan tidak melakukan
perbuatannya yang salah lagi. Hal tersebut terjadi karena agama
merupakan pengawas yang kuat. Pengawas yang lainnya adalah hati nurani
yang hidup didasarkan pada agama dan akal sehat yang dibimbing oleh
agama serta diberi petunjuk.
Sumber :
– Maftuh Ahnan, 2005. Keagungan Akhlak Rosululloh SAW (Cermin Budi Pekerti Al-Qur’an). Yang Menerbitkan Terbit Terang : Surabaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar